Harapan Penulis
untuk Siswa
Setelah
materi telah selesai dipaparkan beserta tata caranya, maka penulis tidak
berhenti dari sini saja namun harapannya siswa mampu melaksanakannya dalam
kehidupan sehingga menjadi manfaat dikemudian hari. Oleh sebab itu, ada
beberapa hal yang harus diperhatikan oleh siswa agar tujuan yang diharapkan
dapat tercapai tidak hanya untuk kepentingan lingkungan masyarakat namun juga
untuk kepentingan sekolah dalam menyelesaikan proses belajarnya.
Yang pertama, penulis mempunyai standar kopetensi(SK)
yang menjadi pokok utama dalam pembahasan materi dalam satu semesternya dan
harus diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan dalam kalender pendidikan.
Standar kompetensinya adalah Memahami Ketentuan Hukum Islam Tentang Pengurusan
jenazah, dari Sk tersebut tentunya sudah bisa menjadi gambaran bagi siswa
untuk kedepannya karena tidak asing lasi ditelinga kita.
Kemudian yang kedua, terlepas dari SK maka tidak cukup
dari situ saja namun masih harus dikembangkan kembali menjadi beberapa
kompetensi dasar(KD) sehingga materi tentanf pengurusan jenazah tersebut dapat
tercapai karena pengurusan jenazah tidak hanya selesai pada memandikan saja
namun masih ada beberapa bagian lain. Maka kompetensi dasar tersebut adalah
yang menjadi pembahasan dalam materi dan harus diselesaikan dalam setiap
pertemuan.
KD tentang tata cara pengurusan
jenazah tersebuta dapat dibagi menjadi :
1.
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
2.
Memperagakan tata cara pengurusab jenazah
Kedua KD inilah yang harus dicapai siswa,
tidaka hanya mengerti caranya saja namun bagaimana cara melaksanakannya juga
harus bisa.
Yang ketiga, dikembangkan lagi menjadi beberapa indikator
pencapaian inilah yang menjadi pembahasan setiap materi dan lebih tertuju
kepada setiap sub pembahasan dalam materi tersebut sehingga siswa dapat lebih
faham lagi karena sudah diperinci dan dibagi-bagi. Indikator tersebut yaitu :
1. Siswa mampu
menjelaskan :
Ø Kewajiban keluarga terhadap jenazah
Ø Cara memandikan jenazah
Ø Cara menyalatkan jenazah
Ø Cara menguburkan jenazah
Ø Hikmah dalam pengurusan jenazah
Ø Tata cara takziah
Ø Tata cara ziaroh kubur
Ø Hikmah ziarah dan takziah kubur
2. Peserta didik
tergugah untuk terlibat dalam pengurusan jenazah
3. Peserta didik mau
melaksanakan takziah dan ziarah kubur dengan benar.
Inilah beberapa sub pembahasan
yang dirangkai dalam indikator yang
menjadi harapan guru agar semua indikator tersebut dapat tercapai dalam
pembelajaran.
Yang ke empat, bagian ini merupakan beberapa kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan dan dibagi menjadi dua bagian, bagian
pertama adalah kegiatan di dalam kelas, dan yang kedua adalah diluar kelas.
Agar lebih jelas dapat kita lihat dalam rincian dibawah ini :
1.
Kegiatan di dalam kelas :
Ø Mendiskusikan tentang pengurusan jenazah, pelaksanaan takziah, dan ziarah
kubur yang ada dimasyarakat
Ø Mengidentifikasi praktik-praktik pengurusan jenazah, pelaksanaan takziah,
dan ziarah kubur yang tidak sesuai ajaran Islam.
Ø Membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Kegiatan di luar
kelas :
Ø Latihan pengurusan jenazah
Ø Mengamati orang yang memandikan, mengkafani, dan menguburkan jenazah.
Ø Ikut menyalatkan dan mengantarkan jenazah.
Nah setelah semua materi dan
apa yang hendak dicapai sudah dipaparkan, maka langkaha berikutnya siswa harus
bisa menjawab soal yang diberikan guru Fiqih beserta prakteknya sehingga guru
bisa mengetahui kemampuan siswanya sampai mana tentang materi ini. Dan akan
ditampilkan pada lembar yang berjudul Evaluasi Soal Fiqih MA Kelas X
semester Ganjil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar